3 TANDA UNTUK MENGGANTI PEREDAM KEJUT / SHOCK ABSORBERS PADA TRUCK ANDA

Jika Anda pernah mengendarai truk sebelumnya, Anda pasti tahu bagaimana PEREDAM KEJUT / SHOCK ABSORBERS pada truk adalah salah satu komponen terpenting dari sistem suspensi truk. Peredam kejut memainkan banyak fungsi penting seperti:

  • Mempertahankan kontak ban ke jalan.
  • Melindungi pegas dan kantung udara dari keausan.
  • Membantu mengurangi keausan pada komponen suspensi lainnya

Tanpa adanya peredam kejut/shock absorbers yang baik, para pengemudi truk yang selalu berada dalam perjalanan bergelombang pasti akan mengalami kesulitan, belum lagi para pemilik armada dan operator kendaraan komersial pasti menghadapi biaya operasional yang lebih tinggi.

PEREDAM KEJUT / SHOCK ABSORBERS

Tahukah Anda bahwa peredam kejut truk harus diganti setiap 150.000 mil pada kendaraan komersial?

Namun, karena beberapa kondisi ekstrim atau kondisi jalan yang tidak terduga, beberapa mungkin perlu mengganti peredam kejut mereka lebih awal. Tapi bagaimana kita tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti peredam kejut / shock absorbers pada truk Anda?

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas 3 tanda umum yang harus Anda waspadai. Jadi, mari kita mulai dengan yang pertama.

Keausan / Kebotakan Ban

Peredam kejut / shock absorbers Anda dapat memengaruhi kemampuannya saat menahan jalan, yang dapat menyebabkan roda memantul berlebihan dan mempercepat keausan ban. Pola pantulan yang berlebihan ini biasanya menunjukkan perlunya penggantian peredam kejut truk.

Keausan seperti ini juga bisa menyebabkan hilangnya tenaga untuk mengendalikan truk saat dikendarai. Kehilangan kendali ini bisa berbahaya, jadi penting untuk mengganti peredam kejut yang aus sesegera mungkin untuk mencegah kecelakaan.

Periksa ban truk Anda apakah ada hal-hal yang tidak biasa, seperti kebotakan pada ban atau keausan ban yang tidak merata, karena ini biasanya dikarenakan kondisi peredam kejut yang harus segera diganti.

Suara Ketukan

Cara kerja peredam kejut truk adalah dengan meredam getaran melalui bushing yang digunakan agar tetap pada tempatnya. Saat Anda memiliki busing yang aus, mereka akan menghasilkan suara ketukan. Suara-suara ini akan semakin terdengar oleh pengemudi saat truk melewati jalan yang tidak rata atau gundukan. Meskipun suara ketukan mungkin tidak 100% karena peredam kejut truk, alangkah lebih baik jika Anda lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sistem suspensi truk Anda.

Anda dapat memulai dengan memeriksa ball joint (sumbu putaran), tie bar (batang pengikat), atau sway bar karena kerusakan pada salah satu bagian ini dapat menyebabkan suara ketukan. Jika dibiarkan, hal itu akan menyebabkan kerusakan mekanis yang lebih serius – termasuk hilangnya kontrol kemudi.

Ini bahkan dapat menimbulkan bahaya keselamatan yang sangat besar bagi pengemudi.

Cairan Bocor dari Unit

Seperti yang diketahui semua pemilik truk bahwa peredam kejut diisi dengan oli. Ini memastikan bahwa kemampuan meredamnya bekerja secara optimal. Sementara oli disegel untuk memastikan tidak ada kebocoran, adalah normal untuk melihat sedikit oli bocor. Namun, jika Anda melihat oli bocor tanpa henti atau tambalan berminyak, ini menandakan masalah yang lebih serius. Anda harus segera mengganti peredam kejut / shock absorbers Anda.

Pengemudi truk yang paling umum akan bertanya adalah “Bagaimana cara mengetahui apakah truk Anda mengalami kebocoran pada peredam kejut?”

Tanda yang paling umum adalah perjalanan yang melelahkan dan tidak nyaman – bahkan untuk jarak pendek. Ketika Anda merasakan atau mengalami hal ini, segera pergi ke garasi Anda agar truk Anda diperiksa oleh mekanik ahli. Mereka kemudian akan memberi tahu Anda tentang langkah selanjutnya yang perlu Anda ambil.

Dan jika Anda berpikir bahwa Anda hanya dapat mengganti peredam kejut / shock absorbers yang rusak dan bukan yang lainnya, pikirkan lagi?

Idealnya, Anda harus mengganti semuanya. Mengganti peredam/shock tunggal atau ganda sangat tidak disarankan karena tidak hanya meningkatkan handling truk dan pengalaman berkendara Anda, tetapi juga memperburuknya.

Apa berikutnya?

Sekarang setelah Anda mengetahui semua tanda-tanda umum ini, bukankah menurut Anda jauh lebih mudah untuk menemukannya dan memutuskan apakah sudah waktunya untuk mendapatkan peredam kejut pengganti?

Tetapi sebelum Anda pergi berbelanja OEM atau peredam kejut truk aftermarket, ingat ini 3 alasan umum mengapa shock mulai bekerja dengan aneh.

  • Pengalaman berkendara yang tidak rata meskipun jalan datar
  • Suara ketukan yang muncul entah dari mana
  • Kehilangan oli berlebihan secara tiba-tiba

PT. Allegiance Primaparts Indonesia membantu Anda dalam hal peredam kejut truk berkualitas tinggi karena kami tahu bahwa setiap pengemudi memiliki tanggung jawab untuk kembali ke keluarganya dalam keadaan utuh. Itu sebabnya, kami menghadirkan merek yang kami yakini untuk Anda. Jika Anda sedang mencari untuk membeli dalam jumlah besar ataupun eceran kami di sini untuk Anda.

Jika Anda ingin membeli Peredam kejut / shock absorbers dalam jumlah besar dan meminta tim profesional kami untuk menghubungi Anda, tinggalkan komentar di bawah atau gunakan formulir kontak yang ada di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *