5 Cara terbaik MEmbersihkan Filter Udara pada Truk

Anda sedang mencari panduan cara cepat membersihkan filter udara pada truk? Bacalah artikel ini.

Pembersihan Filter Udara pada Truk

Sebelum kita membahas panduan membersihkan filter udara pada truk, apakah Anda tahu bahwa filter truk Anda sangatlah vital untuk menjaga performa mesin Anda?

Penumpukan debu, kotoran dan lainnya akan selalu menghambat aliran udara, dan lama kelamaan penumpukan material tersebut justru dapat menyebabkan part truk lainnya bekerja lebih keras. Misalnya, jika filter Anda kotor, mesin Anda butuh bekerja lebih keras untuk menarik udara dan mendinginkannya.

Bahan-bahan seperti kotoran, debu, serangga, bulu hewan, and partikel kecil lainnya bisa masuk kedalam mesin dan menyumbat karburator. Hal ini akan mengurangi output daya truk Anda juga.

5 Cara Langkah Mudah dalam Membersihkan Filter Udara pada Truk

Catatan: Silahkan periksa buku manual kendaraan Anda sebelum membersihkannya. Jika Anda tidak ingin melakukannya sendiri, Anda dapat tanyakan pada tim mekanik dan meminta mereka memperbaikinya untuk Anda.

Lepaskan filter Anda. Sebelum melepas filter Anda harus memastikan mesin dalam keadaan dingin. Selanjutnya, lepas saringan udara dan pastikan tidak ada kotoran yang jatuh kedalam box udara atau pada saluran keluar-masuknya udara. Lepaskan rumah dan baut yang terpasang padanya untuk melepaskan elemen luar.

Larutan pembersih. Selanjutnya aplikasikan atau semprotkan filter dengan larutan pembersih dan biarkan meresap. Jika Anda melakukannya sendiri, periksa instruksi yang tersedia berapa lama Anda perlu merendamnya.

Bilas Filter Anda. Gunakan selang untuk menyemprotkan air dari bagian dalam filter ke bagian luar. Dengan cara ini, kotoran akan terdorong keluar. Hindari meregangkan atau meremas filter karena mudah sobek.

Keringkan Filter Anda. Kocok filter dari kelebihan air dan keringkan. Jika Anda memiliki filter yang diminyaki, pastikan filter benar-benar kering sebelum diminyaki.

Gantilah Filter Anda. Gunakan oli filter baru jika Anda menggunakan filter oli. Oleskan minyak secara merata dan peras kelebihannya lalu pasang kembali filter ke tempatnya.

Seberapa Sering Saya Harus Mengganti Filter Udara pada Pick-Up?

Filter udara pada semi truk (atau biasa kita kenal dengan Pick-Up) dapat mencegah emisi berbahaya masuk ke kabin dan juga merupakan bagian dari sistem HVAC, yang berarti filter tersebut perlu diganti secara teratur.

Filter ini harus diganti setiap 50.000 mil atau atas rekomendasi pabrik.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa filter penting untuk kendaraan komersial Anda dan membutuhkan pembersihan dan penggantian. Sangat disarankan untuk memiliki beberapa suku cadang. Jika Anda ingin membelinya dalam jumlah besar dan membutuhkannya segera, silahkan hubungi kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *