LIMA TANDA BURUK BUSHING CONTROL ARM (V-STAY) TRUK

Anda mungkin mengalami sesuatu yang aneh saat mengemudi di jalan hari ini. Itu sebabnya Anda membaca artikel ini. Mari kita bahas bersama-sama 5 gejala buruk pada bushing control arm (V-Stay) truk.

Saat ini Anda sudah mengetahui bahwa bushing control arm (V-Stay) berfungsi untuk memberikan kestabilan pada suspensi kendaraan Anda. Bergantung pada jenis suspensinya, bushing terkadang dapat ditemukan dipasang di belakang, bukan di depan. Biasanya dipasang di sisi rangka truk. Namun, seiring berjalannya waktu, fungsi bushing dapat menurun dan gejala mulai muncul.

Gejala control arm (V-Stay) yang lebih umum adalah kehilangan stabilitas untuk mengemudi pada kecepatan yang lebih tinggi bersamaan dengan getarnya roda kemudi. Semua kombinasi ini menyebabkan kelelahan pada pengemudi dan menimbulkan bahaya keselamatan di jalan.

Di bawah ini menunjukkan informasi yang lebih rinci tentang tanda buruk pada control arm (V-Stay).

5 Gejala Bushing Control Arm pada Truk

LIMA TANDA BURUK BUSHING CONTROL ARM

1 – Penurunan Tingkat Stabilitas

Jika control arm (V-Stay)tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda akan mengalami penurunan stabilitas yang mencolok saat berkendara – bahkan di jalan datar. Ini karena bushing control arm (V-Stay) yang menahan lengan kendali mulai “lepas”. Anda mungkin mendengar suara bising saat mengemudi, ini sangat jelas saat Anda mencoba berbelok. Ini secara keseluruhan mempengaruhi pengalaman berkendara.

2 – Keausan Ban Tidak Merata

Bushing control arm (V-Stay) menjaga kedua selongsong logam tetap utuh, tetapi seiring waktu, selongsong bisa menjadi aus. Mereka bergerak dan bergetar ketika kendaraan mulai bergerak. Karena terhubung ke roda, dapat menghalangi roda. Ini berarti mereka memiliki kontak permukaan yang lebih rendah dengan jalan dan menyebabkan keausan ban yang tidak merata.

3 – Kemudi Bergetar

Saat kemudi Anda bergetar atau bergoyang, hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa bushing control arm (V-Stay) truk tidak menahan roda pada tempatnya yang seharusnya. Hal ini cenderung menyebabkan truk bergetar saat pengereman.

4 – Penurunan Performa Pengereman

Sementara bushing control arm (V-Stay) tidak memiliki hubungan langsung dengan sistem pengereman truk, mereka secara tidak langsung mempengaruhi pengereman truk. Jika bushing control arm (V-Stay)  aus, pengereman akan terpengaruh dan dapat dirasakan saat truk memantul bolak-balik saat melakukan pengereman.

Gaya tersebut dapat secara langsung atau tidak langsung menyebabkan lebih banyak masalah di masa depan karena getaran yang tidak perlu. Hal ini dapat mengakibatkan baut dan mur atau komponen kecil sejenis lainnya menjadi kendor.

5 – Roda Kemudi Bergetar

Jangan salah paham dengan poin 2 di atas.

Bushing control arm (V-Stay) yang aus seiring waktu dapat menyebabkan roda kemudi bergetar. Ini karena roda kemudi terhubung dengan roda. Roda kemudian dihubungkan ke suspensi melalui control arm (V-Stay). Sehingga hal ini membuat setir mengalami getaran saat bushing control arm (V-Stay) bengkok.

Mengontrol Biaya Penggantian Bushing Lengan

Bergantung pada merek atau model suku cadang yang digunakan, biaya penggantian bushing control arm (V-Stay) rata-rata berkisar antara IDR. 1.000.000, – hingga 7.500.000,- Anda bisa memeriksanya sendiri. Kami senang membantu Anda untuk memberikan pilihan produk bushing control-arm (V-Stay) dengan kualitas terbaik, jangan ragu Anda bisa menghubungi kami segera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *