5 Masalah Umum Truk Dan Cara Mengatasinya

Truk Anda merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis Anda. Anda membutuhkannya untuk menyelesaikan pekerjaan, apakah itu mengangkut kargo atau membawa Anda berkeliling. Namun, itu juga merupakan peralatan yang mahal. Jika truk Anda mogok, itu bisa menghabiskan uang dan berpotensi reputasi Anda.

Dalam postingan ini, kita akan melihat lima masalah umum pada truk dan cara mengatasinya. Dari masalah pengereman hingga bantalan, kami akan memberi tahu Anda apa masalahnya dan bagaimana kembali ke jalan dengan aman.

REM

Mari kita mulai dengan masalah umum truk pertama – Rem.

Penting untuk diketahui bahwa ada beberapa jenis sistem pengereman yang digunakan saat ini. Misalnya, sistem rem tromol atau sistem rem cakram. Keduanya digunakan secara luas untuk kemampuan pengeremannya. Sistem rem tromol menggunakan kaliper yang dipasang pada roda, sedangkan sistem rem cakram dipasang pada hub roda. Sebagian besar sistem pengereman memiliki master silinder, yang menampung cairan hidrolik yang mengoperasikan sistem rem. Cairan ini juga digunakan untuk mengatur gaya pengereman sesuai kebutuhan.

Sistem rem tidak dirancang untuk bertahan selamanya. Mereka perlu dipelihara dengan baik agar mereka dapat bekerja secara efektif. Faktanya, ada sejumlah tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan untuk memastikan rem Anda tidak gagal lebih cepat dari yang seharusnya.

Sebaiknya rem diperiksa setidaknya setahun sekali, dan lebih sering jika Anda mengendarai truk yang memiliki banyak beban atau jika Anda mengendarai truk yang lebih tua. Anda dapat menemukan montir truk profesional yang dapat melakukan ini untuk memastikan rem Anda terawat dengan baik.

BAN

Demi melindungi ban Anda, sangatlah penting untuk untuk melakukan pemeriksaan berkala pada keempat ban pada truk Anda. Anda mungkin merasa khawatir saat mendapati ledakan karna ban yang menipis/kempes. Namun, memiliki tekanan ban yang tepat akan memperpanjang umur ban Anda dan, dalam banyak kasus, mencegah kempes.
Memompa ban Anda terlalu banyak akan membuatnya lebih keras dan membuatnya kurang mampu menahan tekanan saat mengemudi. Membiarkannya terlalu rendah akan menciptakan kondisi yang tidak aman dengan menyebabkan ban kehilangan cengkeramannya di jalan. Lebih baik memiliki ban yang sedikit kempes, yang memberi Anda sedikit “pemberian” saat berkendara di jalan yang kasar atau jalan raya. Dengan cara ini, Anda tidak akan mendapatkan banyak “kejutan teramat” dan Anda akan dapat mempertahankan kendali yang lebih baik atas kendaraan Anda.

Periksa tekanan ban Anda sebulan sekali dan pastikan berada pada level yang benar. Jika tidak, Anda harus membiarkan ban Anda sedikit menambah angin. Ini mudah dilakukan. Bawa saja truk Anda ke toko ban dan mintalah teknisi di sana untuk memompa ban Anda. Jika Anda sering mengemudi, sediakan satu set ban dengan kondisi yang baik untuk kendaraan Anda. Ini akan meningkatkan kinerja ban Anda.

MESIN

Dalam banyak kasus, indikasi pertama bahwa mesin truk Anda mengalami masalah adalah ketika Anda mulai merasakan “kebisingan” yang berlebihan. Kebisingan ini mungkin berderak, mengetuk, menggiling, atau apa pun yang memicu “lonceng alarm” Anda. Namun, mungkin ada tanda-tanda masalah sebelum Anda mendengar “kebisingan” ini. Jika Anda memperhatikan truk Anda, Anda mungkin melihat satu atau beberapa tanda peringatan berikut:
Tiba-tiba kehilangan kekuatan
• Peningkatan tiba-tiba pada mesin “tekanan balik” atau “seret”
• Kekuatan tidak menentu
• Akselerasi yang buruk
• Kebocoran oli atau cairan pendingin ringan hingga sedang
• Penghematan bahan bakar yang buruk atau tidak konsisten
• “Lampu mesin periksa” yang tidak dapat dijelaskan di dasbor
• Kerusakan berbagai bagian mesin
• Kesulitan menghidupkan mesin
Jika Anda sering mengemudi dan memiliki jarak tempuh yang jauh di truk Anda, sebaiknya jadwalkan penggantian oli dan penggantian filter setiap 3.000 hingga 6.000 mil. Ini akan memperpanjang umur mesin Anda. Anda juga harus memeriksa kondisi bagian mesin lainnya seperti injektor bahan bakar, busi, dan kondensor. Ini juga merupakan ide bagus untuk memeriksakan semua level cairan Anda, bersama dengan level anti beku jika Anda mengemudi di bulan-bulan musim dingin. Selain itu, penting untuk memeriksa truk Anda setiap tahun.

STARTER

Masalah baterai biasanya terjadi pada bulan-bulan musim dingin karena cuaca dingin membuat masa pakai baterai lebih pendek. Namun, ini adalah masalah yang berkelanjutan sepanjang tahun. Jika Anda memiliki starter yang bising atau mesin yang lamban, hal itu mungkin disebabkan oleh sambungan baterai yang rusak, komponen yang rusak, atau penarikan arus yang berlebihan. Gejala tersebut dapat diperbaiki dengan mengganti part atau komponen yang rusak. Dalam beberapa kasus, starter itu sendiri mungkin tidak berfungsi

Juga disarankan bahwa, selama menyalakan truk Anda, matikan radio dan komponen yang tidak penting untuk mengurangi ketegangan pada starter dan baterai..

BANTALAN RODA

Bantalan roda adalah bagian roda yang memungkinkannya berputar. Jika sudah aus atau rusak, roda tidak akan bisa berputar dengan mulus lagi. Hal ini menyebabkan ban lebih cepat aus karena gaya ban yang berputar bersentuhan dengan permukaan bagian dalam bantalan roda. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera ganti bantalan roda. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah saat roda masih berada di atas kendaraan.

Jika Anda menunggu hingga roda terlepas dari kendaraan, akan lebih sulit melepas bantalan roda. Juga akan sangat sulit untuk memasang bantalan roda baru tanpa merusak roda. Jika bantalan roda sudah aus atau rusak parah, Anda akan mendengar suara melengking keras saat memutar roda. Ini sangat tidak nyaman dan pada akhirnya akan menyebabkan roda terkunci. Ketika ini terjadi, sulit (terkadang tidak mungkin) untuk mengarahkan kendaraan dan Anda bahkan bisa kehilangan kendali.

Selain itu, jika bantalan roda rusak atau aus, ban akan terkena gaya berlebihan yang akan menyebabkan keausan ban lebih cepat. Hal ini dapat menyebabkan ban meledak. Itulah mengapa penting untuk mengganti bantalan roda yang aus atau rusak sesegera mungkin. Jika Anda menunggu terlalu lama, Anda bisa mengalami kecelakaan dan hasilnya bisa menjadi bencana.

KESIMPULAN MASALAH UMUM PADA TRUK

Secara keseluruhan, cara terbaik untuk mencegah masalah truk umum, atau setidaknya mencegahnya dari kondisi yang lebih buruk adalah dengan perawatan yang menyeluruh dan teratur. Melakukan inspeksi truk sebelum dan sesudah setiap perjalanan serta penyetelan rutin dari seorang professional adalah hal yang perlu diikuti secara berkala. Dan jika truk memang membutuhkan komponen baru, gunakanlah hanya suku cadang berkualitas tinggi untuk memastikan daya tahan dan kinerja yang andal. Dengan perawatan yang tepat, kendaraan Anda akan bertahan lebih lama daripada jika diabaikan.

Jika Anda perlu membeli suku cadang pengganti truk, tim profesional penjualan kami siap membantu Anda. Anda bisa kontak kami disini segera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *